Kamis, 23 April 2015

Banjir di Jogja dan Solo, Ribuan Rumah Terendam

Foto: Dok. BNPBHujan deras yang berlangsung lebih dari 4 jam pada hari Rabu, 22 April 2015, di sekitar sisi timur dan selatan Gunung Merapi, telah menyebabkan meluapnya sungai-sungai. Kali Pepe, anak Sungai Bengawan Solo, meluap, sehingga menimbulkan banjir di daerah Boyolali, Sukoharjo, dan Kota Solo. Sedangkan di sisi selatan, 3 sungai yang meluap sekaligus ialah Kali Code, Kali Gajah Wong, dan Kali Winongo, sehingga menyebabkan banjir di wilayah Yogyakarta. Banjir terjadi pada hari Rabu petang, pukul 19.00 WIB. Hingga tadi pagi, banjir masih menggenangi beberapa wilayah.

Di Boyolali, banjir terjadi di Kecamatan Banyudono, Sambi, dan Ngemplak. Sekitar 150 rumah terendam banjir. Di Sukoharjo, banjir setinggi 50-150 cm menggenangi Kecamatan Kartosuro dan Kecamatan Grogol, sehingga 700 KK harus mengungsi. Di Kota Solo, banjir menggenangi ribuan rumah di Kelurahan Sumber, Jagalan, Jebres, Nusukan, Banyuanyar, Kadipiro, Banyuagung, dan beberapa wilayah lain. Ratusan warga Kadipiro mengungsi pada Kamis, 23 april 2015, dini hari tadi.

Foto: Dok. BNPBSementara itu di Yogyakarta, banjir terpantau terjadi di 27 titik, di sekitar Kali Code, Kali Gajah Wong, dan Kali Winongo. Sekitar 200 rumah terendam banjir di sana. Daerah yang parah adalah Sayidan, Bintaran, dan Tegalrejo. Beberapa wilayah di Kabupaten Sleman juga terendam banjir. Sebagian adalah banjir lahar sisa erupsi Gunung Merapi 2010. Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan.

BPBD bersama unsur lainnya, telah melakukan penanganan darurat di daerahnya. Evakuasi warga dilakukan sejak Rabu malam hingga Kamis dini hari, tadi. BPBD Jateng telah memerintahkan BPBD tetangga lokasi banjir, segera mengerahkan personil dan peralatan, seperti BPBD Magelang, BPBD Klaten, BPBD Karanganyar, BPBD Wonogiri. BPBD DIY juga melakukan penanganan darurat. Kebutuhan mendesak adalah pelampung, pompa air, selimut, makanan, bronjong, dan lainnya.

Untuk infomasi lebih lanjut silakan menghubungi: Gatot, Kalak BPBD DIY, 0811257410; Suprapto, Kalak BPBD Sukoharjo, 081335053339; Sarwa, Kalak BPBD Jateng, 08122923656.

Sumber: Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar