Senin, 09 Februari 2015

Jakarta Dikepung 93 Titik Banjir


Evakuasi warga di RW. 4, Kelurahan Sunter. Banjir makin naik. /Foto: Dok. BNPB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya telah menyebabkan banjir di banyak tempat. Berdasarkan data sementara hari ini, Senin, 9 Februari 2015,  pukul 16.00 WIB, tercatat ada 93 titik genangan di Jakarta. Banjir tersebar di 35 titik di Jakarta Pusat, 28 titik di Jakarta Barat, 17 titik di Jakarta Utara, 8 titik di Jakarta Timur, dan 5 titik di Jakarta Selatan. Tinggi banjir bervariasi antara 10 cm hingga 80 cm. Dampaknya kemacetan parah terjadi di banyak tempat. Namun di beberapa lokasi, banjir sudah berangsur surut.
Posko Warakas terendam banjir. /Foto: Dok. BNPB
Banyaknya banjir di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara ini, sesuai dengan konsentrasi sebaran hujan yang berada di Jakarta bagian utara. Hujan sangat lebat terjadi di Kemayoran (177 mm per hari). Jika dibandingkan dengan hujan pada banjir Jakarta tahun 2013 dan tahun 2014, curah hujan hari ini masih lebih rendah. Buruknya drainase perkotaan dan kurangnya kawasan resapan air, menyebab pasokan air permukaan melimpah sehingga drainase tidak mampu mengatuskan limpasan permukaan.
Banjir sudah memasuki perumahan di Cempaka Putih Raya.
/Foto: Dok. BNPB
Sementara itu, tinggi permukaan air pada sebagian besar sistem sungai di Jakarta, telah naik ke level Siaga III, pada pukul 14.00 WIB, yaitu Bendung Katulampa 80 cm (Siaga III), Pintu Air Depok 210 cm (Siaga III), Manggarai 820 cm (Siaga III), Krukut Hulu 165 cm (Siaga III), Pesanggarahan 190 cm (Siaga III), Angke Hulu 190 cm (Siaga III), Pulo Gadung 675 cm (Siaga III). Sedangkan pintu air Karet 650 (Siaga I). Kondisi ini menyebabkan daerah-daeah bantaran sungai akan terendam banjir.
Banjir di Kelurahan Tanjung Priok. /Foto: Dok. BNPB
Masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung, yang akan terkena banjir adalah Kampung Pulo, Gang Arus, dan Pengadegan. Di Kali Krukut, wilayah yang terkena banjir adalah Pondok Raya, Pasar Mampang, Pulau Raya, Jati Padang, Cipete Selatan, Pondok Labu, Benhil dan RS Mintoharjo. Di bantaran Kali Pesanggarahan adalah Cirendeu Indah, Sepolwan, Deplu, IKPN, Ulujami, Perdatam, Tanah Kusir, Cipulir, Cidodol, Kedoya, Perum Kelapa Dua, Pos Pengumben.
Sumber: Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar