Kamis, 19 Maret 2015

Halmahera Kembali Digoyang Gempa

Foto: suaramerdeka.comMasyarakat Halmahera Barat kemarin dikejutkan oleh gempa berkekuatan 6,2 SR, yang terjadi pada pagi hari. Gempa yang terasa kuat di Halmahera Barat itu, bersumber pada kedalaman 10 km, di dasar laut, dan terjadinya pada pukul 05.12 WIB. Pusat gempa berada pada 115 km Barat Laut Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa tidak memicu potensi tsunami. Selama 5 detik, gempa dirasakan kuat di Halmahera Barat. Masyarakat di Kota Ternate juga merasakan guncangan cukup kuat selama 3-5 detik. Bahkan di Kota Manado, masyarakat juga merasakan gempa tersebut. Namun tidak ada kepanikan, karena masyarakat di kawasan ini sudah sering mengalami gempa. Sebagian masyarakat merespon dengan lari keluar dari rumah.

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Aktivitas masyarakat tetap berjalan dengan normal. Wilayah ini merupakan zona sangat rawan gempa. Dan gempa-gempa yang terjadi di kawasan ini, adalah akibat subduksi ganda dari lempeng laut Filipina di Timur, dan Eurasia di Barat pada lempeng Laut Maluku. Adanya subduksi ganda tersebut otomatis melahirkan kompresi Barat Timur dengan laju 4 cm per tahun.

Foto: Tribunnews.comGempa berkekuatan 7,3 SR pernah terjadi di wilayah ini, pada 15 November 2014, yang memicu dikeluarkannya peringatan dini tsunami. Gempa merupakan pemicu bencana yang bersifat mendadak dan tak dapat diprediksikan kapan terjadinya. Oleh karena itu, salah satu cara menyelamatkan diri dari bencana akibat gempa ialah dengan selalu waspada. Jika terjadi gempa, segeralah keluar dari bangunan dan mencari tempat yang aman. Apabila kita berada di dalam bangunan yang tinggi, segera berlindung pada konstruksi yang kuat. Hindari kaca-kaca dan benda lain yang mudah roboh.

Karena umumnya, korban terjadi bukan disebabkan oleh gempanya, melainkan oleh bangunan yang roboh. Untuk itu, latihan harus rutin dilakukan, agar kita terbiasa merespon dengan benar saat terjadi gempa.

Sumber: Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar